Oktober 01, 2012

Yukata



Hai sobat MJA! Kali ini kita bakal membahas tentang pakaian tradisional Jepang. Ayo coba tebak? Yap, Yukata! Siapa sih yang nggak tau dengan pakaian khas jepang yang satu ini? Pakaian yang hampir mirip dengan Kimono ini sering sekali dipakai di Jepang. Mau tau lebih jauh tentang apa itu Yukata dan perbedaannya dengan Kimono? Langsung aja kita bahas Yuk!

Yukata adalah pakaian yang populer di antara masyarakat Jepang pada permulaan zaman Edo, kira-kira empat ratus tahun yang lalu, bersamaan dengan popularitas kain katun. Berbeda dengan kimono, yukata sebagai baju yang dipakai sehabis mandi air panas, dapat dikenakan dengan nyaman pada musim panas dengan tidak berlapis-lapis.

Perbedaannya dengan kimono

  • Berbeda dengan kimono yang luar biasa mahalnya, harga Yukata umumnya terjangkau oleh semua orang. Karena terlalu mahalnya harga kimono, membuat hampir tidak ada toko yang mau menjualnya, Yukata yang sudah jadi dengan beraneka ukuran banyak dijual toko dengan harga terjangkau.
  • Kimono, dikenakan dengan pakaian dalam sebanyak dua lapis (Hadajuban dan Juban). Sedangkan untuk perempuan yang mengenakan Yukata hanya perlu pakaian dalam lapis pertama (Hadajuban).
  • Kimono yang menurut ukuran lebar lengannya dapat diketahui status seorang wanita (sudah menikah atau masih gadis). Sedangkan Yukata dapat dipakai oleh siapa saja tanpa mengenal status.
Itu dia sekilas tentang Yukata dan juga perbedaannya dengan Kimono.  Just info, pakaian tradisional ini hanya dipakai masyarakat Jepang pada acara-acara tertentu saja. Terutama dalam upacara adat. ^_^
Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar