Mei 12, 2013

Etika Mandi di Onsen


Sama halnya di tempat umum lain. Ketika di Onsen pun sangat ditekankan etika. Berikut etika yang harus kita patuhi ketika mandi di Onsen.


  • Utamakan Kebersihan
Di setiap Onsen yang ada di Jepang, pengunjung diharuskan untuk membersihkan sebelum masuk ke onsen. Onsen ini biasanya dilengkapi dengan fasilitas mandi dengan bangku, keran, ember kayu dan perlengkapan mandi lainnya seperti sabun dan sampo. Jangan pernah berharap bisa masuk jika tubuh kalian kotor.

  • Bawa Handuk
Biasa pengunjung yang ingin datang ke Onsen membawa handuk sendiri dari rumahnya. Tapi ada juga beberapa Onsen yang ada di Jepang menyediakan handik untuk para pengunjungnya. Memakai handuk ketika berada di Onsen ini sudah dianggap menjadi simbol kesopanan.

  • Pakaian Renang
Di beberapa Onsen biasanya pengunjung tidak dizinkan untuk menggunakan pakaian renang di pemandian. Tapi di beberapa Onsen modern yang menyatukan Onsen dengan water park, pengunjung disarankan untuk menggunakan pakaian renang.

  • Tatto
Nah, ini dia yang sangat dilarang ketika memasuki Onsen di Jepang. Pengunjung yang memiliki tatto di tubuhnya tidak diizinkan untuk masuk ke Onsen. Hal ini karena dikalangan masyarakat Jepang, tatto itu dianggap sebagai simbol kejahatan.

  • Ketenangan
Suasana Onsen bervariasi, ada yang berisik hingga Onsen yang tenang. Ada yang bermain musik dengan pipa dan ada juga yang menikmati suasana percikan air. Semua dilakukan untuk mendapatkan ketenangan. Selain itu pengunjung akan banyak terlibat percakapan dalam suasana santai. Dan yang pasti para pengunjung dilarang untuk berbicara dengan nada tinggi apalagi bertengkar. Tapi ada pengecualian untuk anak-anak kecil, maklum anak kecil masih susah diatur.

Nah, mungkin itu saja beberapa etika yang perlu kita ketahui ketika akan mandi di Onsen. Selanjutnya kita bakal coba kasi list beberapa Onsen yang ada di Jepang. Terima kasih sudah membaca! ^_^

Referensi:Wikipedia, Halo Jepang.
Anime manga Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar