Februari 11, 2013

Kimono (着物)


Kimono, denger namanya aja udah nggak asing lagi ditelinga kita yang akrab dengan budaya Jepang. Salah satu pakaian tradisional Jepang ini sering dipakai dalam berbagai festival yang ada di Jepang. Mau tau lebih banyak tentang Kimono? Ini dia informasi yang berhasil kami rangkum dari beberapa sumber.

Kimono (着物) adalah pakaian tradisional Jepang. Secara harfiah kimono berarti baju atau sesuatu yang dikenakan (ki berarti pakai, dan mono berarti barang).

Pada zaman sekarang, kimono berbentuk seperti huruf "T", mirip mantel berlengan panjang dan berkerah. Panjang kimono dibuat hingga kepergelangan kaki. Wanita mengenakan kimono berbentuk baju terusan, sementara pria mengenakan kimono berbentuk setelan. Kerah bagian kanan harus berada di bawah kerah bagian kiri. Sedangkan sabuk kain yang disebut obi dililitkan di bagian perut/pinggang, dan diikat di bagian punggung. Alas kaki sewaktu mengenakan kimono adalah zōri atau geta.

Sekarang Kimono lebih sering dipake para wanita di Jepang pada kesempatan istimewa. Pemakaiannya pun nggak boleh sembarangan, sob! Kimono yang dipake wanita yang udah menikah dan belum menikah juga beda. Untuk wanita yang belum menikah memakai Furisode. Kimono ini punya ciri khas lengan yang lebarnya hampir menyentuh lantai. Pakaian ini hanya digunakan Perempuan yang genap berusia 20 tahun mengenakan furisode untuk menghadiri seijin shiki.

Sumber: Wikipedia
Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

2 komentar: